Jumat, 25 April 2014

Webmail Login SquirrelMail dengan Sub domain Sendiri

Ketika kita baru membeli hosting dan domain baru maka kita dapat membuat sebuah alamat email dengan format sesuai dengan nama domain kita akan tetapi bisanya untuk bisa login kita harus masuk dulu ke Cpanel untuk bisa login, nah bagaimana agar kita bisa login menggunakan sub domain sendiri sesuai dengan keinginan kita ok pada postingan ini saya akan menggunakan squirrelmail, saya menggunakan squirrelmail alasannya konfigurasi yang mudah dan ringan ketika di akses karena tampilan yang simpel :)

Ok kita mulai saja :)

1. Download file squirrelmail di situs resminya  http://squirrelmail.org/download.php

2. Upload file tersebut ke public_html di hosting teman2

3. Extrak file tersebut

4. rename file tersebut sesuai dengan nama sub domai yang anda inginkan contoh saya menggunakan saya rename manjadi mail karena halaman login saya ingin saya buat  mail.domainsaya.net

5. klik buat  sub domain contoh saya akan buat sub domain mail.domainsaya.net ( nanti akan otomatis terhubung dengan folder yang kita rename diatas)

6. selanjutnya buat 2 folder baru untuk nama sebenarnya terserah kita contoh disini saya membuat dengan nama smdata dan attach selanjutnya rubah permission untuk smdata menjadi 777 dan untuk attach menjadi 733 ( smdata berfungsi sebagai temp folder ketika mengirim email dan attach menjadi temp attachment email kita.

7.Selanjutnya masuk ke folder config squirrelmail kita dan edit pada bagian config_default.php

edit pada bagian $data_dir ='/var/local/squirrelmail/data/'  menjadi seperti gambar dibawah:




edit pada bagian  attachments directory menjadi



8. Selanjutnya coba di web browser mail.domainsaya.net/src/configtest.php

9. ditunggu proses check jika berhasil di bagian bawah akan muncul tulisan Congratulations, your SquirrelMail setup looks fine to me!:

10. silahkan coba login menggunakan mail.domainsaya.net maka akan muncul halaman login:



11. silahkan login menggunakan user account email yang sudah kita buat di cpanel:






0 komentar: