Senin, 10 November 2008

Pengertian , Sejarah , Jenis -jenis dan Beberapa pengetahuan tetang Keyboard

KEYBOARD

Mungkin teman-teman sudah familiar dengan kata/ungkapan diatas, tapi yang perlu diingat disini saya tidak membicarakan keyboard yang buat main musik itu lho. Lalu apa ya? Ya, tentu keyboard yang buat ngetik di komputer lah ……… mungkin teman-teman setiap hari sudah sering menggunakannya tetapi apa teman-teman sudah tahu tentang pengertian, sejarah, jenis-jenis bahkan bagaimana cara memilih dan merawat keyboard. dan siapa hayo yang bisa mengetik tanpa melihat monitor….he..he….

Baca aja informasi di bawah Insya Allah ilmu teman-teman akan sedikit bertambah, tetapi mungkin info dibawah tidak terlalu lengkap so, saya mohon kritik dan sarannya dan bila teman-teman punya info yang lebih update jangan lupa tinggalkan pesan …….

  1. Pengertian Keyboard

  • Sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer.

  • Dalam bahasa Indonesia

Artinya papan tombol jari atau papan tuts


  1. Sejarah Keyboard

Penciptaan keyboard di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat dan dipatenkan oleh Christoper Lathan pada tahun 1868 yang dikenal dengan susunan keyboard Qwerty dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh perusahaan Remington.

Pada tahun 1930 mulailah dikenal mesin ketik elektronik pertama yang menggunakan susunan keyboard jenis Qwerty, 6 tahun setelah itu August Dvorak mendaftarkan susunan keyborad baru yang kemudian dikenal dengan nama Keyboard Dvorak akan tetapi keyboard jenis ini memiliki beberapa kelemahan yaitu memiliki susunan huruf yang berbeda total dengan Keybord jenis Qwerty sehingga membuat orang enggan bersusah payah untuk belajar mengetik lagi dari nol ( 0) .

Pada tahun 1990-an setidaknya muncul 2 rancangan Keyboard baru yang dipatenkan dan dibuat semirip mungkin dengan keyboard Qwerty, namun sayangnya menurut beberapa pihak kegagalan rancangan ini terletak pada baris tengah Keyboard yang memindahkan 6 huruf pada Keyboard Qwerty.

Terakhir pada tahun 2003 muncul pula paten terbaru susunan keyboard yang diberi nama Keyboard XPeRT. Keyboard ini hanya memindahkan 2 huruf yang sering digunakan ( A dan N) dan menambahkan huruf E baru ( jadi ada 2 huruf E). Keyboard rancangan perusahaan Matrix Networks kanada ini di klaim mudah dipelajari dan kecepatan mengetiknya bisa langsung 40 wpm (word per minute ) tanpa training.

Begitulah sampai sekarang Keyboard Qwerty-lah yang mampu bertahan dan dipakai orang secara luas.di Indonesia Qwerty juga merupakan keyboard yang paling banyak digunakan baik untuk dunia usaha maupun pendidikan.


3. Jenis-Jenis Keyboard


  1. Keyboard Jenis Qwerty

Dibuat pertama kali oleh perusahaan Remington untuk keperluan mesin ketik. Nama Qwerty diambil dari deretan huruf pada barisan paling atas. Pada saat ini hampir semua komputer menggunakan Keyboard jenis Qwerty namun sejak awal keyboard jenis ini diciptakan dengan tidak memperhatikan masalah ergonomi, sehingga sangat memungkinkan timbulnya beberapa penyakit akibat kerja. Hal ini terjadi karena Keyboard Qwerty ternyata belum memberikan beban yang sama untuk jari-jari tangan kiri maupun kanan, untuk orang yang biasa bekerja dengan tangan kanan ternyata tangan kiri hanya berfungsi 60 % dan tombol-tombol yang berada pada baris tengah yang paling mudah dicapai oleh tangan kanan maupun kiri ternyata hanya dipakai 30% saja. Untuk pengetikan dalam bahasa inggris yang banyak menggunakan huruf: a, e, h, i, l, n, o, r, s, t ( 10 huruf utama) ternyata hanya 4 huruf yang berada pada baris paling tengah sehingga hal ini akan menambah beban kerja pada jari karena jari lebih sering melompat kebaris atas dan bawah, untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut:

  1. Keyboard jenis DVORAK

Dibuat pada tahun 1936. keyboard ini dibuat berdasarkan prinsip kerja biomekanis dan efisiensi, susunan letak tombol huruf sangat berbeda dengan Qwerty yaitu dibuat sedemikian rupa sehingga 56% ketukan ada pada tangan kanan dan jari-jari yang bekerja lebih banyak adalah jari telunjuk, tengah dan manis. Huruf-huruf yang ada pada baris tengah lebih sering diketuk kira-kira sampai 70% dan perpindahanantar baris hanya sekitar 10% sehingga kelelahan pada jari-jari sangat berkurang. Walaupun keyboard jenis DVORAK lebih baik dari pada jenis Qwerty , akan tetapi karena kalah cepat dalam hal pemasaran dan kalaupun harus diganti dengan jenis DVORAK maka akan memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk pelatihan. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut:

  1. Keyboard Jenis KLOCKENBERG

Dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard ( bagian kiri dan kanan ). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring kebawah selain itu keyboard keyboard ini tombol-tombolnya dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman untuk bekerja. Tapi maaf gambarnya tidak ada di postingan ini, klo ingin tahu gambarnya bayangin aja tulisan diatas gimana bentuknya pasti kebayang….. gak dik Cuma bercanda kamu bisa liat disitus-situs dibawah, dulu aq tu dapat tapi gak bisa di kopi maklum masih belajar.

4. Memilih dan merawat Keyboard

1. Pilih keyboard yang Ergonomis

keyboard yang ergonomis biasanya berbentuk datar dan umumnya di bagi dalam 2 segmen. Terkadang juga terdapat track ball yang bisa digunakan sebagai mouse, dan semua fasilitas digunakan agar pengguna meletakkan tangan pada posisi yang benar.

2. Warna keyboard juga berpengaruh pada pengelihatan

Hindari warna yang kontras dan pilih warna yang enak dipandang, umumnya hitam dan perak.

3. Pertimbangkan fungsi ekstra pada keyboard

contohnya ada beberapa yang dilengkapai program kalkulator saku Windows dan memiliki beberapa yombol tambahan, tetapi harga keyboard dengan fasilitas ini akan lebih mahal.


4. Bagi pengguna yang mementingkan keamanan pada komputernya

bisa membeli keyboard yang bisa mendeteksi sidik jari, sidik jari inilah yang menentukan seseorang bisa menggunakan keyboard tersebut.

5. Pilihlah Keyboard dengan port USB

Fasilitas ini akan memudahkan anda yang yang senang bergelut dengan pemutar MP3 atau kamera digital.

6. Dan yang paling penting “ Sesuaikan harga keyboard dengan Kantong dan kebutuhan

anda’ ,

saat ini harga keyboard berkisar antara (Rp.40.000 – berjuta-juta juga ada).he..he..

7. Rawatlah Keyboard dengan cara membersihkannya

Gunakanlah kuas untuk membersihkan sela-sela Keyboard dan yang tak kalah penting jangan makan atau minum di dekat keyboard karena apabila makanan atau minuman tersebut sampai tumpah mengenai keyboard, dan anda kurang beruntung sehingga menyebabkan kerusakan, siap-siaplah membeli keyboard yang baru apalagi kalau keyboard Notebook/Laptop pasti bisa buat kamu menangis apalagi kalau sedang gak punya uang ….!!!!! He…he….. (Penting ini )

8. dan bersihkan tangan sebelum makan

Khususnya kalau menggunakan keyboard yang digunakan secara bersama (ex:di lab) karena keyboard bila tidak rajin dibersihkan menurut penelitian banyak mengandung kuman-kuman jahat yang dapat menyebabkan sakit ……. (ingat cuci tangan sebelum makan)


5. HOT KEY

Multimedia Keyboard merupakan suatu Keyboard yang dilengkapi dengan fasilitas membuka file multimedia yang ada pada windows (SO) atau lebih dikenal dengan nama Hot Key, Berikut adalah contoh suatu Hot Key:


Hot Key

Kegunaan

Ctr l+A

Menblok file secara menyeluruh

Ctrl+C

Untuk mengcopy

Ctrl+Shift+(+)

Untuk menuliskan pangkat

Ctrl+S

Menyimpan data

Ctrl+V

Paste


Dan mungkin masih banyak lagi Hot Key-Hot key yang lainnya ……….

Semakin sering kita memakai computer maka pengetahuan kita juga akan semakin bertambah…


6. Teknik Mengetik 10 Jari


7. Kesimpulan

Keyboard merupakan suatu alat masukan yang biasa digunakan untuk meginputkan kedalam CPU seperti angka numeris, huruf, maupun symbol-symbol tertentu. Keyboard mengalami perkembangan yang lumayan pesat baik dalam hal susunan penempatan huruf maupun fasilitas yang lainnya perkembngan yang paling mutakhir adalah penggunaan touch screen dan virtual keyboard.


10. baca ya.


Info diatas merupakan isi dari makalah saya yang saya presentasikan untuk memenuhi tugas Pengantar Sistem Komputer yang diampu oleh Dosen: Ibu Kartika Firdausy,S.T,M.T. Pada saat saya masih semester 1 (2007), kul di prodi. T.Informatika UAD dan saat tulisan ini tak posting aku sudah semester 3.

Rekan-rekan yang membantu saya/kelompok saya waktu mengerjakan makalah ini :

Bambang Sugiarto, dan Sulistriyanto.


Dan info diatas saya ambil dari:


  1. Sudirman, Ivan, Perkembangan Hardware, www.ilmukomputer.com

  2. www.wikipedia.com

  3. www.google.com


bila masih ada informasi yang kurang teman-teman bisa cari lagi di situs-situs diatas atau situs yang lainnya, karena teknologi pasti akan selalu berkembang dan informasi akan selalu bertambah …

Hidup Teknologi Informasi Indonesia ……..

manfaatkanlah internet untuk hal-hal yang bermanfaat …….. OK






Reaksi:

0 komentar: